Cara Install Ghost Platform di Windows 7 32 bit

 On Wednesday, February 17, 2016  

Hai semuanyaaa, lama gak posting juga ya, hahaha.
Oke, kali ini saya mau share tentang platform untuk bloging yang baru saya tau dan saya mau share ke temen – temen semuanya. Biasanya kita kalau melakukan bloging pasti menggunakan blogspot atau wordpress. Dua platform ini yang paling banyak digunakan, dan pasti sering sekali menemukan tema yang sama dari berjuta juta pengguna.
Tapi baru saja kemarin saya sharing dengan teman dan ada satu lagi yang dapat kita gunakan yaitu “ghost”, serem yah namanya. Tapi tidak seseram namanya lho, ghost ini sangat mirip dengan wordpres, yang berbeda dengan blogspot. Kalau blogspot sudah terpasang di servernya google, sedangkan ghost ini dapat kita unduh masternya dan dapat kita pasang di computer local terlebih dahulu atau langsung di install di hosting yang kita miliki.
Untuk informasi lebih lanjut tentang ghost silahkan kunjungi link berikut ini ghost.org
Cara Install Ghost Platform di Windows 7 32 bit
CMS Ghost
Saya beberapa kali mencoba install, maklum baru aja kenal dengan platform ini jadi trial and error, untuk instalasi di linux saya belum berhasil. Mungkin nanti kalau sudah berhasil akan saya posting. Dan untuk instalasi di hosting belum saya coba :P
Sekarang saya akan share bagaimana cara install ghost di computer local ber system operasi windows 7 32 bit. Tidak usah berlama – lama, langsung saja simak tutorial berikut ini

Baca juga : review tampilan dashboard ghost

Tahap Persiapan

Node
Node yang disarankan untuk ghost ini yang berversi Node.js 0.10.x. Untuk menginstal node ini silahkan download disini.
Installer ini akan secara otomatis menginstal node dan juga npm, ini nanti akan berfungsi sebagai tools yang menjalankan ghost.
Ghost
Saya menggunakan ghost yang versi 0.7.6 yang dapat di download disini.

Tahap Instalasi

Yang pertama jalankan installer node yang kita download tadi, tunggu hingga instalasai selesai dan di start menu muncul program baru bernama node. Selanjutnya saya memindahkan ghost 0.7.6.zip tadi di drive D: dan mengekstraknya di folder ghost.
Dan kita buka aplikasi “node.js command promp”, tampilannya seperti command promp biasanya. Kemudian ketikan perintah berikut ini tanpa tanda petik
“D:” (enter)
“cd ghost” (enter)
“npm install --production” (enter)
Tunggu hingga proses selesai, membutuhkan waktu beberapa menit, tapi tidak lama.
Bila sudah selesai ketikan “npm start” (enter)
Untuk Berhenti "npm stop" (enter) 

Ghost pun sudah berjalan pada computer local, dengan default alamat urlnya 127.0.0.1:2368 dan untuk akses ke adminnya 127.0.0.1:2368/ghost.
Karena menggunakan java script maka tampilan dari web ini lebih menarik, mungkin karena saya sering lihat blogspot dan wordpress jadi agak “katrok” melihat ghost ini, hehehehe. Demikian cara install ghost di windows 7 32 bit. Selanjutnya akan saya ulas tampilan dashboard dari ghost ini.
Salam blogger

Enter your email address:

Cara Install Ghost Platform di Windows 7 32 bit 4.5 5 catra ltd Wednesday, February 17, 2016 Ghost pilihan platform untuk para blogger yang sudah bosan dengan blogspot atau wordpress Hai semuanyaaa, lama gak posting juga ya, hahaha. Oke, kali ini saya mau share tentang platform untuk bloging yang baru saya tau dan s...


No comments:

Post a Comment